Tips Menghindari Info Lowongan Kerja Palsu

Tips Agar Terhindar Lowongan Kerja Palsu

Dengan banyaknya informasi lowongan kerja yang beredar di dunia maya seperti sekarang ini, terkadang membuat segelintir oknum untuk memanfaatkan kesempatan untuk menipu para pencari kerja dengan membuat informasi lowongan kerja palsu/fiktif.

Informasi lowongan kerja palsu biasanya mencatut nama perusahan-perusahaan besar baik yang ada di Indonesia ataupun di mancanegara. Untuk di Indonesia perusahaan yang sering di catut untuk informasi lowongan kerja palsu adalah PT Pertamina, PT PLN, dan PT KAI dikarenakan ketiga perusahaan ini terkenal dengan gajinya yang lumayan besar bahkan untuk para fresh graduated.

Untuk artikel kali ini akan memberikan beberapa tips untuk terhindar dari lowongan kerja palsu/fiktif. Untuk itu simak tips-tips berikut ini:

1. Informasi lowongan berasal dari sumber yang terpercaya

Yang pertama untuk dilakukan adalah mengecek informasi lowongan kerja berasal dari sumber yang terpercaya/kredibel seperti situs karir resmi perusahaan tersebut. Contoh untuk situs karir resmi beberapa perusahaan adalah sebagai berikut:

2. Perhatikan alamat email perusahaan

Tips yang kedua perhatikan alamat email perusahaan, untuk alamat email perusahaan sekelas BUMN ataupun perusahaan multinasional selalu menggunakan domain perusahaan di alamat emailnya. Apabila menggunakan email dengan domain gmail, yahoo, outlook ataupun domain lainnya sudah dipastikan informasi lowongan kerja tersebut adalah palsu/fiktif. Salah satu contoh alamat email resmi perusahaan adalah sebagai berikut:

3. Hindari permintaan uang

Tips yang ketiga dan yang paling penting adalah hindari permintaan uang untuk panggilan interview. Biasanya lowongan kerja palsu/fiktif akan meminta pencari kerja mentransfer sejumlah dana untuk keperluan travel dikarenakan tahapan interview berada di luar kota/pulau. Jika sudah seperti itu bisa dipastikan informasi lowongan kerja tersebut adalah palsu/fiktif.

4. Cari informasi dari situs pencari kerja yang terpercaya

Tips yang terakhir adalah cobalah cari informasi lowongan kerja dari situs-situs pencari kerja yang terpercaya ataupun situs karir dari universitas ternama di Indonesia. Salah satu contoh situs karir terpercaya di Indonesia salah satunya adalah Jobstreet sedangkan untuk situs karir dari universitas salah satunya adalah Karir ITB yang merupakan situs karir dari Institut Teknologi Bandung.

Penutup

Sekian tips-tips untuk terhindar dari lowongan kerja palsu/fiktif , semoga artikel ini bisa membantu Anda agar bisa terhindar dari informasi lowongan kerja palsu/fiktif yang bisa merugikan Anda baik secara moril ataupun materil. 

Terima Kasih




Comments

Popular posts from this blog

Penerapan Pasal Penghinaan dalam UU ITE